More Creative, More Effective


"Kreativitas bukanlah sebuah anugrah yang didapatkan semenjak lahir"

Setidaknya itulah pendapat dari John Houtz, seorang psikolog terkemuka. Kreativitas tidak terbatas pada kreativitas besar (big ‘C’) yang sifatnya mahakarya dan revolusioner, seperti lukisan Da Vinci atau lampu Edison. Ada pula yang namanya kreativitas kecil (litle ‘c’), yaitu kelihaian atau kecerdikan yang dapat kita gunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari.



Yup.. kreativitas tidak melulu berhubungan dengan hal-hal yang besar. Melewati jalan alternatif sepulang kita bekerja pun merupakan salah satu kreativitas kita. Kreativitas berhubungan dengan hal-hal baru yang kita coba dengan cara kita sendiri. Cara-cara yang lebih menyenangkan, unik dan terkadang lebih efektif. TTS di waktu senggang adalah satu langkah awal yang baik. Jelajahilah bagian kota yang asing bagi anda, biarkan anda tersesat, dan cobalah cari jalan pulang. Kalau anda masih sekolah atau kuliah, jangan malas juga untuk membuka-buka buku soal atau studi kasus dan menyelesaikan bagian tersulitnya. Tidak masalah jika tidak ada yang bisa anda selesaikan, yang terpenting adalah rangsangan otak yang terus-menerus.

Saya sering melatih kreativitas dengan cara mempelajari hal-hal baru serta mencoba sesuatu yang menarik minat saya. Seperti mengecat ulang kamar dengan warna lain, mengubah tata letak barang di kamar, memelihara ikan piranha di akuarium, belajar menulis dan menggambar dengan menggunakan tangan kiri bahkan belajar memasak, dan tentu saja berimajinasi. Bahkan rumus E=mc² pun diilhami oleh imajinasi dari seorang Albert Einstein.

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan jika kita sering melatih kreativitas kita. Jika berhubungan dengan masalah finansial kita bisa mengarahkan kreativitas untuk mencari cara yang lebih efektif dalam meningkatkan pendapatan kita. Dengan kreativitas pula kita bisa mencari cara-cara efektif dalam mengelola emosi dan mengatur tingkat stress.

Kreativitas bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Latihan meningkatkan daya kreativitas dapat dilakukan di sela-sela kesaharian kita, tanpa harus meluangkan waktu yang khusus. Buatlah hidup Anda menjadi lebih berwarna dengan segala kreativitas yang Anda lakukan dan atasilah segala masalah yang datang dengan cara-cara yang lebih menyenangkan.

"Being More Creative, More Effective"

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda :

 
© 2011 Kadal In Your Mind | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Framework | Design: Choen