Mengatasi Hang Pada Komputer


Pernahkah Anda berada dalam suatu keadaan dimana Anda telah menghabiskan waktu banyak untuk mengetik tugas kantor, tiba-tiba komputer yang Anda pakai mengalami Hang? Padahal Anda belum melakukan save data di komputer tersebut. Menjengkelkan bukan?

Melalui tulisan ini, saya mencoba memberikan  beberapa  analisa penyebab kenapa komputer sering mengalami Hang/ Crash berikut solusinya,


  • Debu yang memenuhi bagian dalam CPU dapat membuat komputer mengalami 'over heat'. Bersihkan debu-debu yang sering menempel pada motherboard, kipas pendingin dan pada bagian dalam power supply dengan menggunakan kuas kecil yang bersih.  
  • Software yang tidak support dengan OS (Operating System) yang digunakan bisa menjadi salah satu penyebab komputer mengalami hang/ crash. Anda bisa meng- uninstal aplikasi yang jarang digunakan/ dianggap tidak perlu.
  • Terjadi konflik pada hardware. Anda bisa mengecek via device manager dan jika dalam tampilannya terdapat tanda seru berwarna kuning segitiga, bisa jadi hal itu disebabkan karena ada instalan driver yang error/ tidak support dengan jenis hardware pada komputer Anda. Coba lakukan reinstal pada driver tersebut dan pastikan driver yang Anda instal cocok dengan type hardware yang terpasang.
  • OE Exception. Hal ini disebabkan karena VGA yang tidak support. Coba ubah apperance nya via properties. Jika crash masih sering terjadi, mungkin sudah saatnya Anda mencari VGA lain yang support. 
  • Masalah pada RAM. Kondisi lembab dan kotor dapat menyebabkan memori komputer atau RAM sering menyebabkan “blue screen” bahkan monitor tidak menampilkan gambar apapun. Cabut dan bersihkan memori dengan hati-hati lalu tancapkan kembali. Cek dan ganti RAM dengan spesifikasi yang sama jika kita memasang 2 keping RAM yang berbeda. Pastikan kapasitas RAM mendukung aplikasi-aplikasi yang biasa Anda gunakan.
  • Masalah pada Power Supply. Kerusakan pada power supply banyak diakibatkan karena panasnya suhu pada power supply. Untuk pencegahannya pada posisi penempatan PC yang mempengaruhi sirkulasi udara power supply dan juga debu yang menempel hendaknya kita bersihkan maksimal 2 bulan sekali.
  • Masalah pada Hardisk. Untuk mengecek ada atau tidaknya bad sector pada hardisk, Anda bisa mengeceknya & memperbaikinya dengan beberapa aplikasi yang bisa dengan mudah ditemukan via google. Hang juga bisa disebabkan karena Anda jarang melakukan defragment & check disk. Saya menyarankan agar Anda melakukan defragment hardisk berikut checkdisk minimal satu bulan sekali. Anda bisa memakai aplikasi defragment bawaan dari Microsoft atau dengan aplikasi seperti Tune Up Utilities atau Advanced System Care.
  • Masalah pada Printer. Saat printer menerima perintah untuk melakukan print sebuah dokumen, maka printer akan menyimpannya ke dalam memorinya. Jika dokumen terlalu besaar, memori printer terlalu kecil, hal ini juga dapat menyebabkan hang komputer. Cabut kabel data printer dan matikan printer, kemudian lakukan reset pada tombol printer.
  • Masalah pada OS (Operating System). Jika Hang pada komputer lebih disebabkan karena kinerja OS yang tidak lagi stabil akibat software yang diinstal atau karena virus, saya sarankan untuk melakukan repair OS dengan menggunakan type OS yang sama.
  • Hang yang disebabkan karena Virus. Ada beberapa jenis virus komputer yang dapat membuat komputer menjadi sering hang. Biasanya mereka akan membuat beban process idle dalam komputer kita menjadi besar. Gunakan antivirus yang selalu terupdate databasenya dan lakukan process scanning secara rutin. 
Sekian analisa ala-kadalnya yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Silahkan tambahkan analisa Anda sendiri jika dirasa perlu melalui form komentar yang telah tersedia.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda :

 
© 2011 Kadal In Your Mind | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Framework | Design: Choen